• Home
  • download
  • story
  • lirik lagu
  • Monday, February 20, 2012

    Haranggaol (tempat wisata atau pusat keramba)

    danau toba merupakan daerah tujuan wisata yang sangat terkenal di sumatera utara. sebagai daerah tujuan wisata, danau toba mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah, sehingga presiden pun merasa perlu untuk mengeluarkan peraturan presiden tentang penetapan danau toba sebagai kawasan strategis nasional. hal ini tentu menjadi sebuah hal yang sangat positif demi kelestarian danau toba.

    parapat, haranggaol, samosir, tuk tuk menjadi sebuah satelit dalam dunia pariwisata danau toba. namun pencemaran danau toba juga memerlukan sebuah kajian yang serius sehingga kelestarian danau toba dapat terjaga. pencemaran kotoran ternak, sebagaimana sudah dilansir oleh bupati simalungun ketika sidak ke pt. alegrindo menjadi sebuah catatan khusus dimana dunia industri sering mengabaikan kelestarian lingkungan dalam menjalankan operasionalnya.

    selain itu, keberadaan keramba di pinggiran danau toba yang dikelola oleh perusahaan dan masyarakat menjadi sebuah kenyataan yang harus segera di cari solusinya sehingga danau toba menjadi sebuah kawasan wisata yang bersih da sehat. haranggaol sekarang ini sangat lah tidak cocok disebut sebagai daerah tujuan wisata karena seluruh area pemandian di haranggaol sudah di huni oleh keramba yang nota bene menjadi sumber utama penghasilan masyarakat di haranggaol. hal ini tentu saja menjadi sebuah catatan bagi kita bahwa penyelesaian pelestarian kawasan danau toba tidak lah mudah karena menyangkut kepada nafkah masyarakat di pinggiran danau toba.
    saatnya pemerintah daerah dan pemerintah pusat melakukan duduk bersama dengan masyarakat untuk membicarakan kelestarian danau toba ini, khususnya penertiban keramba di haranggaol. jika haranggaol dipaksakan menjadi daerah tujuan wisata maka pemerintah juga harus siap dengan fasilitas dan sarana penunjang yang memadai serta memberikan stimulus kepada masyarakat di sekitar danau toba karena harus menutup keramba dan menjadi penggiat bisnis pariwisata.
    namun solusi zonaisasi menjadi sebuah alternatif solusi yang paling menguntungkan bagi masyarakat di sekitar danau toba. keberadaan haranggaol yang dipenuhi oleh keramba, serta bau busuk dan image yang jelek di mata wisatawan menjadi sebuah fenomena yang sulit di ubah. jika pemerintah melaksanakan zonaisasi maka masyarakat sekitar danau toba yang berusaha keramba harus melaksanakan usaha keramba dengan profesional dan bersih serta mengurangi penggunaan bahan kimia yang minimal dalam usaha nya.


    gambar gambar haranggaol:

    apollo wijaya haloho
                                          upssss......!!!!!!!  ow ow,,,,,, ni gambar saya..........


                                          ni gambar nya:





    No comments:

    Post a Comment

    mohon komentarnya